
Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan, sehingga memudahkan siswa menangkap makna yang tersurat dan tersirat dalam suatu teks juga untuk menyajikan gagasan dalam bentuk teks yang mudah dipahami makna kandungannya dan diapresiasi keindahan pilihan rangkaian katanya. Penyajiannya dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Inggris sebagai wahana komunikasi. Sejalan dengan peran di atas, pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pendidikan Menengah Kelas XII yang disajikan dalam buku ini disusun untuk meningkatkan kemampuan berbahasa. Dengan demikian kompetensi lulusan pendidikan menengah yang dirumuskan mampu menjadi cerminan bangsa yang berkontribusi aktif dalam pergaulan dan peradaban dunia dapat tercapai. Kurikulum 2013 menyadari peran penting Bahasa Inggris tersebut dalam menyampaikan gagasan melebihi batas negara Indonesia serta untuk menyerap gagasan dari luar yang dapat dipergunakan untuk kemaslahatan bangsa dan negara. Makin datarnya dunia dengan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan pergaulan tidak dapat lagi dibatasi oleh batas-batas negara. Peran Bahasa Inggris dalam model pembelajaran ini menjadi sangat sentral mengingat lebih banyak sumber belajar dalam Bahasa Inggris dibandingkan dengan sumber belajar dalam semua bahasa lainnya. Di dalamnya terdapat pergeseran pembelajaran dari siswa diberi tahu menjadi siswa mencari tahu dari berbagai sumber belajar melampaui batas pendidik dan satuan pendidikan. PREFACE Kurikulum 2013 dirancang untuk menyongsong model pembelajaran Abad 21. Penyelia Penerbitan : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, KemendikbudĬetakan ke-1, 2013 (ISBN 978-602-282-755-9) Cetakan ke-2, 2018 (Edisi Revisi) Disusun dengan huruf Helvetica, 11 pt. : Emi Emilia, Helena Indyah Ratna Agustien, dan Tri Wiratno : Utami Widiati, Zuliati Rohmah, dan Furaidah Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018. Bahasa Inggris: Buku Siswa/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Masukan dari berbagai kalangan yang dialamatkan kepada penulis dan laman atau melalui email diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku ini. Buku ini merupakan ”dokumen hidup” yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman.

Buku guru ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. Hak Cipta © 2018 pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dilindungi Undang-Undangĭisklaimer: Buku ini merupakan buku guru yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013.
